0

PENERIMAAN PEMINATAN PESERTA DIDIK BARU SMKN 1 SUNGAI TABUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

PENERIMAAN PEMINATAN PESERTA DIDIK BARU SMKN 1 SUNGAI TABUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Kompetensi Keahlian yang dibuka pada tahun pelajaran 2021/2022 adalah :

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  3. Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO)
  4. Tata Busana
  5. Teknik Bodi Otomotif (TBO)

Kenali masing-masing kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Sungai Tabuk, yaitu :

1.  Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Teknik Komputer & Jaringan merupakan salah satu program keahlian SMK yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi. Peserta didik mampu melakukan  :

  • Perakitan, perawatan dan perbaikan Komputer
  • Pengoperasikan Computer Networking
  • Menguasai dan menerapkan Aplikasi Komputer
  • Merancang asitektur server

Lulusan TKJ adalah tenaga terampil di bidang teknisi komputer dan administrator jaringan berbasis lokal dan internet. Peluang bekerja sangat luas mulai dari berwirausaha, perusahaan, perkantoran.

2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

Komptensi keahlian teknik dan Bisnis Sepeda Motor telah bekerjasama dengan PT. Astra Honda Motor. Dengan binaan dari Honda ini lulusan TBSM diharapkan mampu:

  • Melakukan perawatan berkala Sepeda Motor Honda.
  • Menganalisa kerusakan.
  • Melakukan perbaikan kerusakan Sepeda Motor Honda.

Berkesempatan bekerja di Dealer Resmi Honda di seluruh Indonesia – khususnya Kalsel-teng, Perusahaan otomotif, pabrik-pabrik otomotif Nasional dan Internasional, serta diperlukan oleh kontraktor dalam maupun luar negeri

 

3. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif merupakan keahlian yang memperlajari bidang otomotif seperti mobil atau kendaraan roda empat, sehingga lulusan TKRO diharapkan mampu :

  • Melakukan perawatan berkala pada mobil
  • menganalisa kerusakan dan penyebab kerusakan pada mobil
  • Melakukan perbaikan kerusakan pada mobil

Lulusan beerkesempatan bekerja di Dealer Mobil, Bengkel Mobil, Perusahaan Otomotif, perusahaan Tambang, dll.

 

4, Tata Busana

Kompetensi keahlian Tata Busna mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga yang profesional tingkat menengah sebagai desainer Indutri butik, modiste, dan wirausahawan di bidang tata busana.

  • Mampu mendesain busana dan memilih bahan tekstil.
  • Mampu membuat pola busana dengan teknik konstruksi dan dropping.
  • Mampu membuat busana dengan teknik butik dan tailoring.
  • Mampu menyelesaikan pemasangan hiasan pada busana fashion (menyulam, merenda, membordir dan hand-painting).
  • Mampu menata display hasil praktik.
  • mampu meperagakan busana (fashion show).

5. Teknik Bodi Otomotif (TBO)

Teknik Bodi Otomotif adalah jurusan yg mempelajari tentang chasis dan bodi kendaraan mobil seperti memperbaiki bodi & chasis menggunakan alat-alat perbaikan bodi seperti washer welder, palu & dolly, mengelas chasis & bodi menggunakan las Oxy-Acetylene dan CO2 MIG, mendempul dan mengecat sampai finshing panel bodi seperti fender, kap mesin, quarter dll.

Lulusan jurusan Teknik Bodi Otomotif bisa berwiraswasta dengan membuat/ membuka bengkel perbaikan bodi otomotif, pengecatan, dan lainya. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan otomotif seperti Astra maupun perusahaan otomotif lainnya.

Di SMKN 1 Sungai Tabuk diselenggarakan ekstrakurikuler seperti:

  • Pramuka
  • Paskibra
  • Paling Merah Remaja
  • Habsy
  • Pancak Silat
  • Karate
  • English Club
  • Futsal
  • Volly
  • Tari
  • Paduan Suara
  • Musik

INFORMASI PENDAFTARAN :

Sebelum kamu mengklik link pendaftaran
Siapkan terlebih dahulu file pasfoto dengan latar polos (merah/biru/kuning/putih)
dan juga siapkan kartu keluarga agar data sesuai serta no HP/WA yg aktif.

Jika belum siap, mohon jangan diisi dulu formulir pendaftaran ini

Pendaftaran peminatan secara online bisa klik link berikut
Link Pendaftaran PPDB http://bit.ly/peminatan-smktab
Link Bergabung Telegram http://bit.ly/tele-ppdb-smktab
Link Bergabung Whatshapp http://bit.ly/wa-ppdb-smktab
Cetak ulang bukti pendaftaran peminatan http://bit.ly/bukti-pendaftaran-smktab

Darurat Banjir di SMKN 1 Sungai Tabuk

Oleh Nor Fauzan Waka Humas

Banjir yang melanda di provinsi kita kalimantan selatan sampai hari ini masih ada tersisa meskipun tidak setinggi air yang merendam beberapa wilayah di kabupaten dan kota pada bulan Januari yang lalu. Banjir melanda hampir merata di wilayah kalsel dari hulu sungai sampai kota Banjarmasin. Banjir juga melanda wilayah kabupaten banjar yang berdampak di sekitar pemukiman penduduk dan lingkungan sekitarnya.

Sungai Tabuk adalah salah satu kecamatan yang dilanda banjir di kabupaten banjar, ratusan ribu pemukiman penduduk, berhektar-hektar lahan pertanian dan perkebunan terendam air, dari 60 cm sampai lebih dari 1 meter kedalamannya. Sebuah pemandangan yang tidak biasa yang dirasakan oleh penduduk yang terdampak banjir.

Penduduk yang kebanjiran dievakuasi ke tempat yang aman banjir. SMKN 1 Sungai Tabuk menjadi tempat evakuasi penduduk sekitar sungai tabuk dan abumbun jaya. SMKN 1 Sungai Tabuk menjadi tempat pengungsian. Semua pihak dari provinsi, kabupaten, kecamatan, petugas desa, BNPB, polsek, koramil, smktab dan lembaga/perusahaan swasta siaga membantu masyarakat yang terdampak banjir. Sampai hari ini masih ada orang-orang yang tinggal di sekolah, adalah tempat pengungsian penduduk sekitar.

Dampak banjir yang melanda wilayah sungai tabuk dan abumbun jaya merusak semua lahan pertanian dan perkebunan, belum lagi rumah-rumah penduduk yang terendam. Kerugian hampir ratusan juta rupiah karena kerusakan lahan pertanian dan perkebunan.

Akhirnya, kejadian ini menjadi pelajaran dan pengalaman kita semua. Kondisi cuaca ekstrim la nina yang melanda dengan curah hujan yang tinggi, pendangkalan sungai, banyak pembangunan perumahan dan bangunan, drainase yang tertutup sampah dan lain-lain adalah sebab-sebab yang memungkinkan banjir. Semoga kita dapat mengelola lingkungan hidup sekitar kita sehingga banjir tidak terjadi lagi.

Workshop Reakreditasi SMKN 1 Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2020/2021

Oleh Nor Fauzan, Waka Humas SMKN 1 Sungai Tabuk

Masa akreditasi SMKN 1 Sungai Tabuk sudah berjalan lima tahun. Di tahun 2020 ini sekolah kembali mempersiapkan akreditasi yang diperkirakan dilaksanakan bulan Nopember ini. Sebelumnya status akreditasi sekolah adalah diperpanjang karena kondisi pandemi Covid-19 yang mewabah diseluruh dunia. Menyadari kekurangfahaman kami dengan instrumen IASP 2020 yang baru dan persiapan akreditasi maka perlu mengadakan Workshop.

This image has an empty alt attribute; its file name is workshop-Reakreditasi_Pa-Saiful-2-1024x767.jpeg
Foto pemaparan oleh nara sumber, 
Bapak Drs. H. Saiful Anwar, M.Pd  tentang Reakreditasi Sekolah

Pada tanggal 19 Oktober 2020 yang lalu dilaksanakan workshop akreditasi dengan nara sumber Bapak Drs H. Saiful Anwar, M.Pd. Beliau adalah pengawas sekolah dan asesor akreditasi sekolah. Kegiatan workshop ini dapat dikatakan sebagai sosialisasi sekaligus persiapan sekolah dalam menyongsong akreditasi kembali yang diperkirakan akan berlangsung bulan Nopember ini. Dengan memperhatikan secara cermat semua paparan narasumber tentang akreditasi dan instrumen yang baru, yaitu IASP 2020, semua peserta workshp antusias dan siap bekerja sama mempersiapkan data dan fakta yang harus dijabarkan dari instrumen IASP 2020.

Foto pemaparan tentang raport mutu sekolah
dan penilaian kinerja kepala sekolah (PPKS) oleh ibu Hj. Isnaniah, M.Pd

Pada saat yang bersamaan juga akan ada penilaian kinerja kepala sekolah (PPKS). Usaha mempersiapkan dua kegiatan ini harus intensif. Kedua kegiatan ini sangat penting terkait dengan peningkatan mutu sekolah. Persiapan data dan fakta sangat penting tapi kerjasama semua warga sekolah lebih penting mendukung kegiatan ini.

Pada hari berikutnya tanggal 20 Oktober 2020, kegiatan disambung dengan paparan tentang Raport mutu sekolah dan PPKS oleh ibu pengawas pembina SMK Kabupaten Banjar, Hj. Isnaniah. M.Pd. Kegiatan workshop dan PPKS ini persiapannya akan berkelanjutan. Lebih khusus persiapan ini berkaitan dengan fisik dan mental warga sekolah untuk menyongsong akreditasi yang akan dihadapi. Semoga kegiatan-kegiatan ini berjalan lancar dan memperoleh kesusksesan. Amin.

Workshop Kurikulum dan Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020

Oleh Nor Fauzan, Waka Kurikulum

Mengawali tahun pelajaran baru ini sudah wajib dimulai dengan kegiatan workshop. Berhubungan dengan program kerja bidang kurikulum, workshop yang dilaksanakan berkaitan dengan dokumen 1, 2 dan 3. Selain persiapan dokumen 1, 2 dan 3 tadi, Kepala sekolah dan guru-guru yang mendapatkan tugas tambahan juga mempersiapkan program kerjanya.

Pemaparan tentang dokumen 1, 2 dan 3 oleh Bapak Drs. Zainal Arifin

Workshop ini difasilitasi oleh Bapak Pengawas Pembina SMK Kabupaten Banjar, Bapak Drs. Zainal Arifin. Kegiatan diawali dengan pemaparan tentang dokumen 1, 2 dan 3. Peserta workshop selanjutnya bekerja mempersiapkan dokumennya masing-masing. Pada sesi selanjutnya, pembahasan berlanjut tentang program kerja sekolah, peserta workshop kembali menyusun program kerjanya masing-masing.

This image has an empty alt attribute; its file name is Workshop-2019-1024x768.jpeg
Peserta workshop sedang menyimak pemaparan dari narasumber
Diskusi atau tanya jawab oleh peserta workshop kepada nara sumber

Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 6 sampai 7 Agustus 2019. Setelah kegiatan workshop ini diharapkan semua dokumen dan program kerja dapat dibuat dan disahkan. Harapan yang utama adalah peningkatan mutu sekolah, dengan kata lain mewujudkan sekolah, pendidikan, tenaga pendidik dan kependidikan dan peserta didik yang bermutu.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) & Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun Pelajaran 2018/2019

Oleh Nor Fauzan, Waka Kurikulum

SMKN 1 Tungai Tabuk tahun pelajaran 2018/2019 ini kembali melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan pengenalan lingkungan sekolah (PLS). Berdasarkan Permendikbud nomor 14 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan atau bentuk lain yang sederajat menyatakan bahwa PPDB bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, transparan, akuntabel, nondiskriminatif dan berkeadilan dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan. Selanjutnya tata cara, persyaratan, seleksi, zonasi, dan daftar ulang pun ditetapkan untuk mendukung pelaksanaan PPDB sesuai dengan tujuan yang diharapkan pemerintah. Continue Reading