Workshop Reakreditasi SMKN 1 Sungai Tabuk Tahun Pelajaran 2020/2021

Oleh Nor Fauzan, Waka Humas SMKN 1 Sungai Tabuk

Masa akreditasi SMKN 1 Sungai Tabuk sudah berjalan lima tahun. Di tahun 2020 ini sekolah kembali mempersiapkan akreditasi yang diperkirakan dilaksanakan bulan Nopember ini. Sebelumnya status akreditasi sekolah adalah diperpanjang karena kondisi pandemi Covid-19 yang mewabah diseluruh dunia. Menyadari kekurangfahaman kami dengan instrumen IASP 2020 yang baru dan persiapan akreditasi maka perlu mengadakan Workshop.

This image has an empty alt attribute; its file name is workshop-Reakreditasi_Pa-Saiful-2-1024x767.jpeg
Foto pemaparan oleh nara sumber, Bapak Drs. H. Saiful Anwar, M.Pd  tentang Reakreditasi Sekolah

Pada tanggal 19 Oktober 2020 yang lalu dilaksanakan workshop akreditasi dengan nara sumber Bapak Drs H. Saiful Anwar, M.Pd. Beliau adalah pengawas sekolah dan asesor akreditasi sekolah. Kegiatan workshop ini dapat dikatakan sebagai sosialisasi sekaligus persiapan sekolah dalam menyongsong akreditasi kembali yang diperkirakan akan berlangsung bulan Nopember ini. Dengan memperhatikan secara cermat semua paparan narasumber tentang akreditasi dan instrumen yang baru, yaitu IASP 2020, semua peserta workshp antusias dan siap bekerja sama mempersiapkan data dan fakta yang harus dijabarkan dari instrumen IASP 2020.

Foto pemaparan tentang raport mutu sekolah dan penilaian kinerja kepala sekolah (PPKS) oleh ibu Hj. Isnaniah, M.Pd

Pada saat yang bersamaan juga akan ada penilaian kinerja kepala sekolah (PPKS). Usaha mempersiapkan dua kegiatan ini harus intensif. Kedua kegiatan ini sangat penting terkait dengan peningkatan mutu sekolah. Persiapan data dan fakta sangat penting tapi kerjasama semua warga sekolah lebih penting mendukung kegiatan ini.

Pada hari berikutnya tanggal 20 Oktober 2020, kegiatan disambung dengan paparan tentang Raport mutu sekolah dan PPKS oleh ibu pengawas pembina SMK Kabupaten Banjar, Hj. Isnaniah. M.Pd. Kegiatan workshop dan PPKS ini persiapannya akan berkelanjutan. Lebih khusus persiapan ini berkaitan dengan fisik dan mental warga sekolah untuk menyongsong akreditasi yang akan dihadapi. Semoga kegiatan-kegiatan ini berjalan lancar dan memperoleh kesusksesan. Amin.